Paling Ampuh! 5 Tips Negosiasi Gaji Untuk Kantor Baru

Helps You Rediscover Yourself

Paling Ampuh! 5 Tips Negosiasi Gaji Untuk Kantor Baru

5-tips-negosiasi-gaji

Tips Negosiasi Gaji Pada Saat Wawancara

Saat kamu diterima bekerja di suatu perusahaan, kamu biasanya akan mendapatkan offering letter yang berisi kontrak kerja dan penawaran gaji. Namun sebelum kamu menyetujui nominal akhir penawaran gaji tersebut, biasanya kamu akan ditanyakan berapa gaji yang diinginkan beserta informasi tunjangan serta bonus-bonus yang akan diterima pada saat negosiasi gaji.

Namun kerap kali kamu melupakan beberapa hal ini yang mungkin bisa saja membuatmu melewatkan benefit lainnya yang sebenarnya masih bisa kamu dapatkan. Menurut Journal Of Organization Behaviour, banyak calon karyawan yang gagal mendapatkan gaji yang diinginkan terjadi saat negosiasi pada proses interview. Agar negosiasi gaji kamu berhasil, simak 5 tips berikut ini:

1. Jangan Negosiasi Gaji Melalui Telepon Atau Email

Apabila kondisi kamu memungkinkan untuk bertemu, segeralah membuat janji pada waktu tertentu untuk melakukan negosiasi gaji, kecuali kondisi kamu tidak memungkinkan untuk bertemu. Tujuannya adalah, untuk meminimalisir hal-hal yang berpotensi terlewatkan atau kesalah pahaman yang mungkin dapat merugikan kamu. Selain itu kamu akan terlihat lebih profesional kalau penawaran gaji dilakukan secara tatap muka.

2. Melakukan Riset Mengenai Gaji

melakukan-riset-sebelum-negosiasi-gaji
Melakukan riset gaji pasaran sebelum negosiasi gaji. Pic by pexels.com

Pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu sebelum kamu berbicara lebih lanjut mengenai gaji yang kamu inginkan. Mulai dari memastikan tingkat kepahaman kemampuan yang kamu miliki, melihat job requirement dari pekerjaan yang kamu lamar apakah sesuai dengan kemampuan kamu, lalu melihat rata-rata gaji untuk jobdesc serupa melalui situs-situs lowongan kerja dan bertanya pada teman-temanmu apablia ada temanmu yang sudah bekerja pada jobdesc yang sama. Tujuannya adalah, agar kamu mengetahui berapa gaji yang pantas untuk kamu dapatkan. Tentunya kamu ‘gak mau kan mendapatkan gaji dibawah rata-rata.

3. Jujur Dengan Gaji Yang Diinginkan Dan Siapkan Penjelasan Yang Rasional

Apabila kamu ditawari gaji dibawah rata-rata tapi kamu yakin akan kemampuanmu dan kamu ingin mendapatkan gaji lebih dari yang ditawarkan, jelaskan dengan percaya diri angka penawaran yang kamu inginkan beserta alasannya. Bisa di mulai dengan menjelaskan seberapa dalam kamu menguasai bidang tersebut, proses belajar dan pengalaman kamu untuk menguasai bidang tersebut, sertifikasi yang terkait bidang tersebut yang kamu miliki, dan investasi pengembangan diri yang ingin kamu lakukan jika kamu mendapatkan gaji yang kamu inginkan. Tujuannya adalah agar pihak perusahaan mengerti bahwa kamu memiliki alasan yang kuat untuk mendapatkan nominal yang kamu inginkan.

4. Cari Benefit Lain Diluar Gaji Pokok

Cobalah untuk berhitung lebih detail sebelum melakukan negosiasi gaji. Tanyakan apa saja benefit lainnya yang bisa didapatkan diluar gaji pokok. Asuransi kesehatan, BPJS, pembayaran pajak profesi serta tunjangan lainnya seperti jabatan, uang makan, dan transportasi bisa kamu pertimbangkan lebih dalam lagi. Selain itu perhatikan juga pengalaman dan ilmu yang akan kamu dapatkan selama kamu bekerja di perusahaan tersebut. Semakin banyak ilmu yang akan kamu dapatkan saat bekerja nanti, akan semakin bagus untuk karir kamu kedepannya.

5. Cari Informasi Tentang Fasilitas Kantor

Pada saat melakukan negosiasi gaji, cobalah bertanya seputar fasilitas kantor yang dapat kamu maksimalkan. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memberikan fasilitas terbaik untuk karyawannya supaya karyawannya betah bekerja di perusahaan tersebut. Namun menurut kami, fasilitas yang terbaik adalah adanya beasiswa untuk karyawan melanjutkan studinya dan program pengembangan karir. Dua fasilitas tersebut merupakan fasilitas yang mungkin akan terasa mahal jika kamu melakukannya sendiri tanpa bantuan perusahaan. Jika ada fasilitas tersebut, gaji yang kamu dapatkan bisa kamu fokuskan untuk dialokasikan ke tabungan atau kebutuhan sehari-hari.

Demikian 5 tips jitu untuk negosiasi gaji yang bisa kamu lakukan. Namun hal yang paling penting sebelum kamu melakukan negosiasi gaji, pastikan kamu memiliki soft skill yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu inginkan dan kemampuan berkomunikasi dengan baik. Untuk kamu yang ingin menambah soft skill, kamu bisa klik disini. Akhir kata, selamat mencoba Reset People!

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *