Jenis Investasi Sukuk, SBR, ORI, dan Deposito, Mana Yang Paling Menguntungkan?

Helps You Rediscover Yourself

Jenis Investasi Sukuk, SBR, ORI, dan Deposito, Mana Yang Paling Menguntungkan?

jenis-investasi-sukuk-sbr-ori-deposito-mana-yang-paling-menguntungkan

Jenis Investasi Aman Yang Paling Menguntungkan

Saat ini Investasi semakin mudah dilakukan dan sudah banyak dilirik oleh anak muda atau generasi millennials, khususnya yang menginginkan financial freedom. Tapi, untuk sebagian orang investasi merupakan hal yang ditakuti karena tidak dapat dipastikan keuntungannya, ada benarnya kalau kamu membahas investasi tentang saham. Namun, tahu kah kamu, jenis investasi ternyata bukan cuma sekedar investasi saham, namun terdapat beberapa instrumen lainnya yang bisa kamu lakukan sebagai upaya diversifikasi investasi.

Selanjutnya muncul pertanyaan, instrumen investasi apa lagi yang bisa dilakukan? dan investasi apa yang paling aman dan menguntungkan? Nah, kali ini kami akan membahas jenis investasi aman yang bisa kamu lakukan dan membahas satu persatu mana yang paling menguntungkan, mari simak ulasannya.

Sukuk

jenis-investasi-sukuk
Pic Source: pexels.com

Sukuk adalah sebuah instrumen dalam kerangka memobilisasi dana berbasis syariah. Sukuk sendiri bisa dikatakan sebagai sertifikat kepemilikan dari aset seperti tanah ataupun bangunan. Sukuk mirip dengan obligasi namun menggunakan sistem syariah. Pemerintah Indonesia mulai menerbitkan Sukuk Negara (Sovereign Sukuk) di 2008. Adapun tujuan utama penerbitan seperti Sukuk Ritel adalah untuk membiayai APBN dan membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia. Berdasarkan informasi dari website Kemenkeu, saat ini imbalan Sukuk terbaru berada pada dinilai rata-rata 6,75% dan nilai tersebut akan rutin disesuaikan pada BI 7 Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat membuka link ini

Seperti yang dilansir oleh Kemenkeu Sukuk sebagai instrumen investasi, memiliki sejumlah keunggulan, seperti:

  1. Aman sebagai Investasi, dimana pembayaran nominal dan imbalan dijamin oleh negara. 
  2. Tingkat imbalan kompetitif, lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN.
  3. Menawarkan fixed return atau imbalan tetap yang dibayarkan secara berkala (periodik) dimana imbalan tersebut nantinya akan dibayar setiap bulannya dengan jumlah yang tetap.
  4. Dapat diperjualbelikan sebelum jatuh tempo.
  5. Diterbitkan oleh Negara, dan merupakan  instrumen investasi yang sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah (Islamic finance) yang mana sesuai dengan aturan/hukum Islam yang bersumber dari Al-Quran dan Al-Hadits. Contohnya seperti larangan terhadap aktivitas ekonomi yang mengandung unsur judi, penipuan serta aktivitas ekonomi lainnya yang bertentangan dengan syariah Islam. 

SBR (Saving Bond Ritel)

jenis-investasi-sbr
Pic Source: pexels.com

SBR adalah jenis investasi yang dijamin oleh negara atau yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Awalnya SBR dikeluarkan pemerintah untuk menutupi APBN di tahun 2014. Target dari SBR adalah perorangan/individu. Dengan memiliki SBR kamu sudah membantu pembangunan nasional dan dapat menambah jumlah investor di dalam negeri. Untuk keuntungan SBR berbentuk kupon yang dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulannya. Untuk besaran kuponnya sendiri berada pada dinilai rata-rata 6,30% namun, nilai tersebut akan rutin disesuaikan pada BI 7 Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat membuka link ini

Alasan kamu perlu berinvestasi melalui SBR berdasarkan Kemenkeu:

  1. Dijamin oleh Negara sehingga berpotensi kurangnya resiko dalam bayar gagal
  2. Kupon mengambang dengan kupon minimal
  3. Modal mulai Rp 1 Juta dimana dapat dikatakan lebih merakyat ataupun lebih affordable
  4. Terdapat fasilitas early redemption dimana dana lebih cepat cair sebelum jatuh tempo
  5. Dapat ikut berkontribusi membangun negara

ORI (Obligasi Negara Ritel)

jenis-investasi-ori
Pic Source: pixabay.com

ORI atau Obligasi Ritel Indonesia adalah salah satu Surat Berharga Negara(SBN) yang untuk memberikan kesempatan yang kepada individu maupun masyarakat untuk dalam investasi jangka menengah atau panjang dalam memperdagangkan secara aktif dalam perdagangan obligasi Negara. ORI sendiri pertama kali diterbitkan oleh pemerintah pada agustus 2006. Baru-baru ini pemerintah baru saja merilisi ORI terbaru dan sudah memasuki seri ke 17 dan dirilis dengan kode ORI017. Perbedaan ORI dengan 2 jenis investasi sebelumnya yaitu pada pembayaran kupon yang dilakukan dengan kupon tetap atau fixed rate. Untuk besaran kupon pada ORI017 saat ini berada pada nilai 6,4% dan akan dibayarkan pada setiap tanggal 15 perbulannya. Untuk infromasi selengkapnya mengenai ORI017 kamu dapat membuka link ini

Adapun keuntungan berinvestasi di ORI berdasarkan Kemenkeu yaitu:

  1. Kupon dan pokok dijamin oleh undang-undang
  2. Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN
  3. Kupon dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo
  4. Dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder, dimana pasar sekunder adalah pasar keuangan yang digunakan untuk memperdagangkan instrumen sekuriti yang telah diterbitkan dalam penawaran umum perdana atau investor dapat menjual kepemilikan ORI kepada investor lain
  5. Berpotensi memperoleh capital gain
  6. Masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional
  7. Turut mendukung program pelestarian lingkungan hidup

Deposito

Pic Source: pexels.com

Deposito adalah salah satu produk bank ketika seseorang menyimpan uangnya di Bank dalam rentan waktu yang sudah disepakati antara nasabah dan pihak Bank itu sendiri. Deposito digunakan untuk menahan dana masyarakat dan mengelola dana tersebut untuk disalurkan kembali dalam bentuk pinjaman. 

Keuntungan dan deposito yaitu berbentuk bunga dari hasil pengelolaan yang sudah dilakukan oleh Bank, pembagian bunga bisa dilakukan perbulan atau pada saat jatuh tempo Untuk nilai besaran bunga deposito, biasanya bank mengacu pada suku bunga BI yang akan menyesuaikan dengan nominal yang akan kamu depositokan. Deposito mempunyai rentan waktu mulai dari yang 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Jenis investasi ini cocok buat kamu yang tidak terlalu mau mengambil resiko. Karena Deposito sendiri dijamin oleh lembaga penjamin simpanan (LPS) yang berarti jika bank yang tempat kita deposit itu sendiri bangkrut maka deposito akan tetap aman.

Dari Penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa masing-masing jenis investasi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan, semua akan kembali lagi kepada kamu selaku investor. Ada baiknya dalam berinvestasi kamu bisa bijak dalam memilih dan menetapkan tempat investasi dan jangan lupa untuk selalu melakukan diversifikasi jenis investasi, saham sebagai contohnya. Nah, untuk kamu yang mau berinvestasi saham, klik disini untuk mempelajari lebih lanjut.

Summary
Jenis Investasi Sukuk, SBR, ORI, dan Deposito, Mana Yang Paling Menguntungkan?
Article Name
Jenis Investasi Sukuk, SBR, ORI, dan Deposito, Mana Yang Paling Menguntungkan?
Description
Jenis investasi yang aman untuk bisa dilakukan, salah satunya adalah Sukuk, SBR, ORI, dan Deposito. Artikel ini akan membahas mana yang lebih menguntungkan.
Author
Publisher Name
Me-Reset
Publisher Logo

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *