Ini Dia! Pentingnya Digital Marketing Untuk Bisnis

Helps You Rediscover Yourself

Ini Dia! Pentingnya Digital Marketing Untuk Bisnis

digital-marketing

Peran Digital Marketing Dalam Bisnis

Digital Marketing merupakan salah satu strategi yang paling banyak diterapkan oleh brand/perusahaan dalam melakukan promosi, terlebih saat ini semakin banyak perusahaan yang mulai beralih ke digital dikarenakan pandemi Covid-19 menyebar dan merubah kebiasaan orang yang menjadi semakin lama menghabiskan waktunya di dunia digital. Semua perusahaan akhirnya berlomba-lomba berusaha mendapatkan perhatian masyarakat melalui website dan yang terutama platform pada media sosial. Lalu, mengapa digital marketing ini penting untuk bisnsimu? Berikut ulasannya

Digital Marketing Mempermudah Komunikasi Dengan Konsumen

digital-marketing-komunikasi
Mudahnya dalam komunikasi dalam digital marketing. Pic by pexels.com

Alasan pertama adalah, brand/perusahaan dapat langsung berkomunikasi dengan konsumennya dengan mudah dan sebaliknya melalui media sosial, email dan lainnya. Konsumen juga akan lebih merasa dihargai apabila jika ada keluhannya dapat direspon secara cepat. Disini media sosial sangat berperan memudahkan komunikasi tersebut dikarenakan sebagai penghubung jika ada keluhan, promosi, atau melihat respon konsumen tentang suatu produk.

Menganalisis Perilaku Konsumen

behaviour-digital-marketing
Menganalisis kebiasaan masyarakat di dunia digital. Pic by pexels.com

Digital Marketing juga dapat menganilisis perilaku konsumen atau target yang ingin di sasar dengan melihat dan mengumpulkan data apa yang sedang hangat dibicarakan oleh konsumen, respon konsumen, dan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan konsumen saat di dunia digital melalui Artificial Intelligence (AI). Data tersebut dikumpulkan untuk nantinya diolah oleh brand/perusahaan. Bahkan keberadaan AI ini memang memiliki kelebihan dalam mengolah data konsumen dalam jumlah besar sehingga kamu dapat menganilisis apa yang paling dibutuhkan pasar dan menciptakan tren baru.

Meningkatkan Brand Awareness

Melakukan branding untuk dapat dikena masyarakat. Pic by pexels.com

Sebenarnya Brand Awareness sendiri merupakan strategi yang bisa dilakukan dalam marketing secara konvensional maupun digital marketing dengan tujuan yaitu mengenalkan brand/perusahaan/merek kepada masyarakat. Semakin terkenal suatu brand/perusahaan/merek akan semakin besar produk dari brand/perusahaan merek tersebut diterima masyarakat. Di dunia digital, brand awareness dapat dilakukan melalui layanan iklan pada google atau platform media sosial seperti facebook, instagram, dll.

Membangun Kepercayaan

bangun-kepercayaan-digital-marketing
Tunjukkan bahwa brand kamu terpercaya dan memiliki nilai lebih kepada masyarakat. Pic by pexels.com

Brand Awareness akan sia-sia jika tidak ada kepercayaan masyarakat dalam melihat suatu produk brand/perusahaan. Oleh karena itu, brand/perusahaan perlu membangun kepercayaan kepada masyarakat dengan salah satunya menunjukkan testimoni atau ulasan oleh orang-orang yang pernah menggunakan produk dari brand/perusahaan tersebut. Ulasan tersebut dapat digunakan brand/perusahaan untuk menjaring calon pembeli potensial atau menyasar pasar yang baru.

Membangun kepercayaan juga dapat dilakukan dengan membuat konten-konten yang dibutuhkan masyarakat pada media sosial, sehingga kesan masyarakat terhadap suatu brand/perusahaan tidak hanya mencari keuntungan saja tetapi dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sehingga menjadi nilai tambah brand/perusahan di mata masyarakat.

Cara Hemat Dalam Melakukan Pemasaran

Biaya yang dikeluarkan untuk beriklan di dunia digital saat ini jauh lebih murah dibandingkan dengan beriklan secara konvensional. Pic by pexels.com

Perlu diketahui, memasang iklan pada TV, spanduk, baliho, dan sejenisnya memakan biaya yang sangat mahal, dan belum tentu orang yang melihat tertarik pada produk tersebut. Namun apabila melalui digital marketing, biaya pemasangan iklan bisa jauh lebih murah dan kita dapat dengan mudah mengatur target yang diinginkan secara spesifik, sehingga uang yang kita keluarkan lebih bermanfaat.

Untuk bisa menjalankan digital marketing dengan baik, diperlukan digital marketer yang handal yang memahami bagaimana media sosial bekerja dan memahami mesin pencarian, seperti google bekerja. Jika ingin merekrut seorang digital marketer, pastikan kandidat merupakan seorang yang kreatif dan memiliki soft skill seperti critical thinking atau design thinking. Namun apabila kamu seorang digital marketer dan ingin segera bisa bekerja, pastikan kamu memiliki 4 soft skill ini yang bisa kamu baca disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *